Langsung ke konten utama

Saatnya Produsen Air Mineral Mencantumkan Komposisi Zat Kimia

Saatnya Produsen Air Mineral Mencantumkan Komposisi Zat Kimia - Bantahan yang dikeluarkan PT Aqua Indonesia terkait tudingan miring adanya komponen florida berlebihan di dalam air mineral itu memang cukup membuat was-was.Baru-baru ini, artikel yang menggambarkan berbahanya air Aqua kembali gentanyangan di dunia maya.  Dan saya pun kembali bergidik. Batapa tidak, saya sudah mengkonsumsi Aqua dalam waktu lama dan tentu saja dalam jumlah yang sangat besar. Saya minum Aqua delapan gelas sehari bahkan lebih. Maka ketika saya menemukan artikel yang menyerang sekaligus mengatakan betapa berbahanya Aqua,  saya pun bergegas-gegas menemukan galon Aqua saya. Saya memeriksa kandungan dan mencari-cari komposisi zat yang ada dalam aqua. Dan saya tidak menemukanya. Setahu  saya,memang hampir tidak ada air mineral yang menyertakan komposisi seperti itu.

Aqua merilis bantahan resmi di situsnya   tanggal  13 september 2013. Dalam bantahanya, aqua mengatakan bahwa kandungan florida akan sangat berbahaya kalau melebihi kandungan 1,5 mgram/l dan aqua masih dalam batas kadar di bawah normal yaitu hanya 0,5 mgram/l. “Fluorida adalah salah satu zat gizi mikro yang dibutuhkan oleh tubuh.  yang jika dikonsumsi dalam jumlah cukup, bermanfaat untuk mencegah karies gigi dan berperan penting dalam pembentukan email gigi pada anak-anak,

Pemerintah,telah menetapkan batasan kandungan fluorida dalam air minum melalui Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 492/Menkes/Per/IV/2010 tentang persyaratan kualitas air minum, yaitu tidak lebih dari 1,5 mg/l.   Batasan yang sama juga ditetapkan oleh World Health Organization (WHO, 2011) sebesar 1,5 mg/l.  Batasan yang lebih ketat bahkan ditetapkan dalam SNI 01-3553-2006 tentang Air Minum dalam Kemasan, dimana kandungan fluoride dalam air mineral tidak boleh melebihi 1 mg/l.

Artikel yang menuduh Aqua berbahaya memang tidak main-main dan menimbulkan semacam kengerian ketika membacanya. Saya sudah beberapa kali membaca artikel ini dan masih saja bergidik jika mengingat betapa berbahahanya Florida ini dalam jumlah banyak jika terminum . Bukan saja penyakit degeneratif yang akan timbul namun juga konspirasi Yahudi  turut diungkit. Dimana, Danone dikatakan adalah perusahaan yang sudah dimiliki yahudi  yang telah membeli Aqua indonesia dan punya misi khusus sehubungan dengan air mineral yang paling dipercaya di Indonesia.

Aqua menjadi satu pilihan yang aman menurut kebanyakan orang. Apalagi ditengah pencemaran air yang semakin gila-gilaan, Aqua menjadi Ikon air bersih yang terpercaya. Untuk di jawa, karena saya pernah tinggal di Jakarta harga air Aqua satu galon tergolong murah hanya sepuluh ribuan, bandingkan dengan ditempat saya Kendari yang menyentuh level 35 ribuan namun karena sangat dipercaya, stok Aqua tidak pernah bertahan lama selalu habis dalam waktu singkat.

Meskipun Bantahan Aqua yang disertai penjelasan ilmiah  cukup dapat dipercaya , namun sudah saatnya perusahaan ini menunjukan tanggung jawab moral kepada konsumen dengan mencantumkan komposisi kandungan air mineralnya, sehingga konsumen tidak perlu terus dihantui isu -isu yang tidak jelas dan Aqua akan tetap menjadi air minum pilihan yang kredibel dan terpercaya. Sehingga diharapkan konsumen tidak lagi merasa was-was dan dan khawatir akan bahaya  floride setiap kali minum air aqua.

Postingan populer dari blog ini

Imlek Tempo Dulu dan Kini

Perayaan Imlek Dalam Komunitas Tionghoa Dimasa Kini Tahun baru Imlek tempo doeloe, merupakan hari yang dinantikan setiap tahun. Begitu besar makna Imlek bagi setiap warga keturunan Tionghoa,sehingga jauh hari sebelum hari :’H” nya sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Dimulai dari menjahit pakaian untuk Imlek, mengumpulkan uang untuk membeli sepatu baru dan dua minggu sebelumnya kaum wanita sudah mempersiapkan bahan bahan yang diperlukan untuk memasak kue kering. Mulai dari menjemur tempurung kelapa, karena apinya sangat baik untuk memasak kue kue kering. Beragam kue,semisal : kue semprong ,yang di Sumatera Barat dengan istilah kue sepit atau kue jepit,karena dipanggang dengan menggunakan jepitan besi.Ada kue kenari, kue semprit dan kue mentega,serta kue keju.Bagi yang ekonominya lebih mapan, biasanya menyediakan kue dalam berbagai variasi. Anak-anak “Menambang Angpau” Khusus bagi anak anak,tahun baru Imlek ini,merupakan hari “panen raya”. Karena ada kesempatan ‘menambang angpau”.Art

Lokakarya Rerancang Identitas AQUA Lestari

Lokakarya Rerancang Identitas AQUA Lestari - Rerancang Identitas AQUA Lestari adalah sebuah lokakarya perancangan ulang identitas visual (logo) AQUA Lestari, sebuah inisiatif sosial dan lingkungan untuk kelestarian sumber daya air.  Lokakarya ini diselenggarakan oleh DGI (Desain Grafis Indonesia) dan AQUA Grup, bekerjasama dengan ADGI (Asosiasi Desain Grafis Indonesia). Kegiatan ini bertujuan menjembatani desainer dan AQUA Grup, Pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia untuk mengembangkan logo AQUA Lestari sebagai identitas visual untuk mewakili filosofi dan nilai Perusahaan. Proses pencarian ini sekaligus untuk memperkenalkan komitmen Perusahaan terhadap kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat serta menjadi wadah  interaksi antar Perusahaan dengan komunitas desain di Indonesi Latar belakang Sebagai Perusahaan yang mendayagunakan air, AQUA Grup berkomitmen untuk menjaga kelestarian air dan lingkungan dengan melibatkan masyarakat dan pemangku kepentingan la